cara sehat menurunkan berat badan | artikel kesehatan | nutrisi | cara untuk menurunkan berat badan

diet dm

Diabetes Melitus (DM) adalah kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang mengalami peningkatan kadar gula darah (Glukosa) darah akibat kekurangan hormon insulin secara absolut atau relatif. Pelaksanaan diet hendaknya disertai dengan latihan jasmani dan perubahan perilaku tentang makanan.Diabetes Melitus dibagi dalam 4 golongan : Diabetes Melitus Tipe I, Tipe II, Diabetes Melitus diet dm Gestrasional, dan Tipe lain. Tujuan diet Penyakit DM adalah membantu memperbaiki kebiasaan makan dan olahraga untuk mendapatkan control metabolic yang lebih baik, dengan cara :

6.serat

Mempertahankan kadar gula darah (Glukosa) supaya mendekati normal dengan menyeimbangkan asupan makanan,

Mencapai dan mempertahankan kadar lipida serum normal.

Member energi untuk mempertahankan atau mencapai berat badan normal.

Menghindari atau menangani komlikasi akut.

Meningkatkan derajat kesehatan yang optimal melalui perbaikan gizi.

Syarat-syarat diet Penyakit Diabetes Melitus :

 

Energi cukup (25-30 kkal/kg BB) untuk mencapai dan mempertahankan berat badan normal.

Protein normal yaitu 10-15% dari kebutuhan energi total.

Kebutuhan lemak 20% dari kebutuhan energi total.

diet dm Kebutuhan karbohidrat 60-70% dari kebutuhan energi total.

Asupan serat dianjurkan 25 g/hr yang terdapat dari sayur dan buah.

Cukup vitamin dan mineral.

Bahan makanan yang dianjurkan untuk Diet Diabetes Melitus adalah sebagai berikut :

 

Sumber Karbohidrat kompleks seperti nasi, roti, mie, kentang singkong dan sagu.

Sumber protein rendah lemak seperti ikan, ayam tanpa kkulit, susu skim, tempe, tahu serta kacang-kacangan.

Sumber lemak dalam jumlah terbatas yaitu bentuk bahan makanan yang mudah dicerna. Makanan terutama diolah dengan cara dipanggang, dikukus disetup, direbus dan dibakar.

Bahan makanan yang tidak dianjurkan untuk Diet Diabetes Melitus adalah sebagai berikut :

 

Bahan makanan yang mengandung gula sederhana seperti Gula pasir, gula jawa, sirop, jam, buah-buahan yang diawetkan dengan gula, susu kental manis, minuman botol ringan, es krim.

Bahan makanan yang mengandung banyak lemak seperti cake, makanan siap saji, goreng-gorengan.

diet dm Bahan makanan yang mengandung banyak natrium seperti ikan asin, telur asin, makanan yang diawetkan.

Jika penderita Diabetes Melitus mengalami Hipoglikemi (kadar gula darah terlalu rendah (<80 mg/dl)) segera di berikan teh manis, agar kadar gula darah kembali normal. Dan jika penderita Diabetes Melitus mengalami Ketoasidosis (kadar gula darah terlalu tinggi (>200 mg/dl)) dan mengalami pingsan, segera dirujuk ke rumah sakit terdekat agar segera dilakukan penanganan.

 

 

Mengelola penyakit kencing manis atau diabetes mellitus sebenarnya mudah asal penderita bisa mendisiplinkan diri dan melakukan olahraga secara teratur, menuruti saran dokter, dan tidak mudah patah semangat.

Selain mengontrol kadar gula secara teratur, melakukan diet makanan dan olahraga yang teratur diet dm menjadi kunci sukses pengelolaaan diabetes. Dalam hal makanan misalnya, penderita diabetes harus memperhatikan jumlah karbohidrat. Sebab lebih dari separuh kebutuhan energi diperoleh dari zat ini.

 

Menurut dr. Elvina Karyadi, M.Sc., ahli gizi dari SEAMEO-Tropmed UI, ada dua golongan karbohidrat yakni jenis kompleks dan jenis sederhana. Yang pertama mempunyai ikatan kimiawi lebih dari satu rantai glukosa sedangkan yang lain hanya satu. Di dalam tubuh karbohidrat kompleks seperti dalam roti atau nasi, harus diurai menjadi rantai tunggal dulu sebelum diserap ke dalam aliran darah. Sebaliknya, karbohidrat sederhana seperti es krim, jeli, selai, sirup, minuman ringan, dan permen, langsung masuk ke dalam aliran darah sehingga kadar gula darah langsung melejit.

 diet dm

Dari sisi makanan penderita diabetes atau kencing manis lebih dianjurkan mengkonsumsi karbohidrat berserat seperti kacang-kacangan, sayuran, buah segar seperti pepaya, kedondong, apel, tomat, salak, semangka dll. Sedangkan buah-buahan yang terlalu manis seperti sawo, jeruk, nanas, rambutan, durian, nangka, anggur, tidak dianjurkan.

 

Peneliti gizi asal Universitas Airlangga, Surabaya, Prof. Dr. Dr. H. Askandar Tjokroprawiro, menggolongkan diet atas dua bagian, A dan B. Diet B dengan komposisi 68% karbohidrat, 20% diet dm lemak, dan 12% protein, lebih cocok buat orang Indonesia dibandingkan dengan diet A yang terdiri atas 40 – 50% karbohidrat, 30 – 35% lemak dan 20 – 25% protein. Diet B selain mengandung karbohidrat lumayan tinggi, juga kaya serat dan rendah kolesterol. Berdasarkan penelitian, diet tinggi karbohidrat kompleks dalam dosis terbagi, dapat memperbaiki kepekaan sel beta pankreas.

 

Sementara itu tingginya serat dalam sayuran jenis A(bayam, buncis, kacang panjang, jagung muda, labu siam, wortel, pare, nangka muda) ditambah sayuran jenis B (kembang kol, jamur segar, seledri, taoge, ketimun, gambas, cabai hijau, labu air, terung, tomat, sawi) akan menekan kenaikan kadar glukosa dan kolesterol darah. Bawang merah dan putih (berkhasiat 10 kali bawang merah) serta buncis baik sekali jika ditambahkan dalam diet diabetes karena secara bersama-sama dapat menurunkan kadar lemak darah dan glukosa darah.

 

Pola 3J

 

diet dm Ahli gizi lain, dr. Andry Hartono D.A. Nutr., dari RS Panti Rapih, Yogyakarta menyarankan pola 3J yakni:

 

Jumlah kalori,

Jadwal makan, dan

Jenis makanan.

Bagi penderita kencing manis yang tidak mempunyai masalah dengan berat badan tentu lebih mudah untuk menghitung jumlah kalori sehari-hari. Caranya, berat badan dikalikan 30. Misalnya, orang dengan berat badan 50 kg, maka kebutuhan kalori dalam sehari adalah 1.500 (50 x 30). Kalau yang bersangkutan menjalankan olahraga, kebutuhan kalorinya saat hari berolahraga ditambah sekitar 300-an kalori. Jadwal makan pengidap diabetes dianjurkan lebih sering dengan porsi sedang. Maksudnya agar jumlah kalori merata sepanjang hari. Tujuan akhirnya agar beban kerja tubuh tidak terlampau berat dan produksi kelenjar ludah perut tidak terlalu mendadak.

Bagaimana cara diet turun 1 kg perhari?

memperkenalkan produk diet terbaru dengan metode detox berat badan zmooth   GARANSI TURUN BERAT BADAN 1 KG PERHARI Dengan formula nutrisi penurun berat badan dan khusus pembakaran lemak, produk zmooth ini dapat menurunkan berat badan dengan efektif 1 kg perhari untuk informasi lebih lanjut mengenai produk zmooth ini segera hubungi
  • No telepon/ whatsapp : 087886688197

  • Pin BBM : 2BBF4781

Dengan promo potongan diskon 50% dan gratis konsultasi

 

Di samping jadwal makan utama pagi, siang, dan malam, dianjurkan juga porsi makanan ringan di diet dm sela-sela waktu tersebut(selang waktu sekitar tiga jam). Yang perlu dibatasi adalah makanan berkalori tinggi seperti nasi, daging berlemak, jeroan, kuning telur. Juga makanan berlemak tinggi seperti es krim, ham, sosis, cake, coklat, dendeng, makanan gorengan. Sayuran berwarna hijau gelap dan jingga seperti wortel, buncis, bayam, caisim bisa dikonsumsi dalam jumlah lebih banyak, begitu pula dengan buah-buahan segar. Namun, perlu diperhatikan bila penderita menderita gangguan ginjal, konsumsi sayur-sayuran hijau dan makanan berprotein tinggi harus dibatasi agar tidak terlalu membebani kerjanya.

 

Diet kalori terbatas

 

Penderita bisa mengikuti contoh susunan menu diet B untuk 2.100 kalori (Simbardjo dan Indrawati, B.Sc. dari bagian ilmu gizi RSUD Dr. Sutomo Surabaya) seperti tertera di Tabel 1. Diet B tinggi serat itu termasuk diet diabetes umum, yang tidak menderita komplikasi, tidak sedang berpuasa atau pun sedang hamil.

 

Sedangkan buku panduan “Perencanaan Makan Penderita Diabetes dengan Sistem Unit” terbitan Klinik Gizi dan Klinik Edukasi Diabetes RS Tebet, menuliskan tentang prinsip dasar diet diabetes, dengan pemberian kalori sesuai kebutuhan dasar. Untuk wanita, kebutuhan dasar adalah (Berat Badan Ideal x 25 kalori)ditambah 20% untuk aktivitas. Sedangkan untuk pria, (Berat Badan Ideal x 30 diet dm kalori) ditambah 20% untuk aktivitas. Untuk menentukan berat badan ideal (BBI) bisa diambil patokan: BBI = Tinggi Badan (cm) – 100 cm – 10%.

 diet dm

Contoh, seorang pria bertinggi badan 164 cm, berat badan 70 kg, maka BBI = 64 kg – 10% = 58 kg. Kebutuhan kalori dasar = 58 x 30 kalori = 1.740 kalori. Ditambah kalori aktivitas 20% = 2.088 kalori. Jadi, pria ini memerlukan diet sekitar 2.000 kalori sehari.

 

Namun, rumusan ini tidak mutlak. Bila pasien sedang sakit, aktivitas berubah, atau berat badan jauh dari ideal, maka kebutuhan kalori akan berubah. Bila berat badan berlebih, jumlah kalori dikurangi dari kebutuhan dasar. Sebaliknya, bila pasien mempunyai berat badan kurang, jumlah kalori dilebihkan dari kebutuhan dasar. Begitu berat badan mencapai normal, jumlah kalori disesuaikan kembali dengan kebutuhan dasar.

 

Prinsip makan selanjutnya adalah menghindari konsumsi gula dan makanan yang mengandung gula. Juga menghindari konsumsi hidrat arang olahan yakni hidrat arang hasil dari pabrik berupa tepung dengan segala produknya. Ditambah lagi mengurangi konsumsi lemak dalam makanan sehari-hari (lemak binatang, santan, margarin, dll.), sebab tubuh penderita mengalami kelebihan lemak darah.

 

Yang perlu diperbanyak justru konsumsi serat dalam makanan, khususnya serat yang larut air seperti pektin (dalam apel), jenis kacang-kacangan, dan biji-bijian (bukan digoreng). Bila penderita juga diet dm mengalami masalah dengan ginjal, yang perlu diperhatikan adalah jumlah konsumsi protein. Umumnya, digunakan rumus 0,8 g protein per kilogram berat badan. Bila kadar kolesterol/trigliserida tinggi, disarankan melakukan diet rendah lemak. Bila tekanan darahnya tinggi, dianjurkan mengurangi konsumsi garam.

 

Kegagalan berdiet bisa disebabkan karena pasien kurang berdisiplin dalam memilih makanannya atau tidak mampu mengurangi jumlah kalori makanannya. Bisa juga penderita tidak mempedulikan saran dokter.

 

Untuk memudahkan penerapan, dibuat sistem unit 80 kalori. Tabel 2 menyajikan makanan yang mengandung 80 kalori per unitnya. Misalnya, seorang pasien yang memerlukan 1.600 kalori per harinya, akan mendapat makanan 20 unit sehari senilai 80 kalori setiap unitnya. Jumlah 20 unit terbagi atas sarapan empat unit, makanan kecil (pk. 10.00) dua unit, makan siang enam unit, makanan kecil (pk. 16.00) dua unit, dan makan malam enam unit.

 

Tabel di bawah ini yang menunjukkan contoh lima kelompok makanan: makanan pokok, lauk pauk, sayuran, makanan ringan/siap santap, buah-buahan, dan minuman.

 

Makanan dalam kelompok A bisa dibilang berkomposisi paling baik, karena mengandung serat dan diet dm atau rendah hidrat arang olahan serta rendah lemak. Sementara golongan C kurang baik karena kandungan gulanya tinggi, rendah atau tanpa serat, dan terlalu banyak lemak. Jadi, dianjurkan untuk memilih A atau B, bukan C. Nasi lebih baik daripada bubur, karena kandungan serat lebih baik sehingga lebih lama bertahan di usus. Pemanis gula bisa diganti dengan pemanis buatan.

 

Di sini diberikan pula contoh menu yang dapat diikuti (20 unit atau 1.600 kalori):

untuk pengobatan diabetes dibutuhkan produk khusus diabetes,disarankan untuk menggunakan

NUTRITIONAL SHAKE MIX (F1)

6.shake
dengan bulir biru,disetiap kalengnya terdapat jutaan sel anti diabetes dan sel anti kanker untuk menurunkan gula darah di tubuh ,sekali pemakaian 2 minggu hasil langsung terlihat , diabetes sembuh

  • barang 100% terkirim
  • original
  • layanan COD
  • diskon 50% off tanpa syarat harga termurah kualitas terbaik

untuk harga dan pemesanan hubungi admin di:

  • no hp: 087878714626

  • pin BBM: 2B9E0CEE

layanan konsultasi gratis dan bebas bertanya,fast respon,pelayanan toko online terbaik

Bagaimana cara diet turun 1 kg perhari?

memperkenalkan produk diet terbaru dengan metode detox berat badan zmooth   GARANSI TURUN BERAT BADAN 1 KG PERHARI Dengan formula nutrisi penurun berat badan dan khusus pembakaran lemak, produk zmooth ini dapat menurunkan berat badan dengan efektif 1 kg perhari untuk informasi lebih lanjut mengenai produk zmooth ini segera hubungi
  • No telepon/ whatsapp : 087886688197

  • Pin BBM : 2BBF4781

Dengan promo potongan diskon 50% dan gratis konsultasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cek resi pengiriman anda disini
Cek :
Promo bulan ini
promo bulan ini (widget)
Pengiriman melalui
pengiriman widget
Kenyamanan belanja disini
garansi (widget)
Pembayaran
pembayaran (widget)
Layanan COD
layanan cod (widget)
Artikel kesehatan
Recent Search Terms
Artikel terpopuler