cara sehat menurunkan berat badan | artikel kesehatan | nutrisi | cara untuk menurunkan berat badan

diabetes gestasional

Selama kehamilan, produksi insulin harus ditingkatkan. Pada beberapa wanita peningkatan ini tidak cukup sehingga menyebabkan pengaturan gula darahnya memburuk. Gula darahnya menjadi terlalu tinggi, terutama setelah makan. Peningkatan gula darah yang tinggi ini menggambarkan kondisi yang disebut diabetes kehamilan (gestational diabetes).

4.gestasional

Bahaya diabetes kehamilan

Diabetes kehamilan berisiko menimbulkan komplikasi kehamilan yang membahayakan ibu hamil dan bayinya. Risiko komplikasi bagi ibu hamil mencakup hipertensi kehamilan (pre-eklamsia), edema diabetes gestasional  (pembengkakan), cairan ketuban terlalu banyak, melahirkan bayi lebih besar dari ukuran normal (makrosomia) dan persalinan prematur. Potensi risiko untuk bayinya termasuk penyakit kuning, gula darah rendah dan kesulitan bernafas saat lahir.

 

Bayi yang ibunya terkena diabetes kehamilan cenderung memiliki berat badan besar karena dia harus membuat insulin ekstra untuk mengontrol gula darah yang tinggi, sehingga cadangan lemak dan jaringannya besar. Hal ini dapat membuat proses kelahirannya sulit dan seringkali harus melalui operasi caesar. Bayi tersebut juga dapat memiliki gula darah rendah (hipoglikemia) setelah lahir karena tingkat insulin tubuhnya yang tinggi. Beberapa studi menunjukkan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang menderita diabetes kehamilan lebih berisiko terkena diabetes tipe 2 dan obesitas di usia dewasanya.

 

Penyebab dan faktor risiko

Penyebab diabetes kehamilan diduga karena kebutuhan insulin yang meningkat sampai 2-3 kali lebih tinggi selama kehamilan. Di sisi lain, sejumlah hormon yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan janin bertindak berlawanan dengan insulin. Jika efek hormon-hormon melebihi kemampuan ibu untuk memproduksi insulin yang cukup, kadar glukosa darah akan meningkat.

 

Wanita yang hamil pada usia di atas 30 tahun berisiko lebih tinggi terkena gangguan ini. Faktor risiko lain adalah keturunan (terutama bila orang tua atau saudara kandungnya memiliki diabetes tipe 1 diabetes gestasional atau tipe 2), kelebihan berat badan (BMI lebih dari 25 kg/m2), pernah menderita diabetes kehamilan sebelumnya, dan riwayat penyakit sindrom ovarium polikistik (PCO).

 

Gejala

Diabetes kehamilan biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Bila ada gejala, keluhan yang mungkin dirasakan adalah gejala umum diabetes seperti rasa haus terus-menerus, sering buang air kecil, dan cepat lelah.

 

Diagnosis

Bila Anda termasuk dalam kelompok berisiko dan dicurigai mengembangkan diabetes kehamilan, pada usia kehamilan 24 s.d. 30 minggu dokter mungkin akan meminta Anda menjalani skrining yang disebut tes tantangan glukosa (glucose challenge test). Dalam tes ini Anda diminta meminum cairan manis (larutan glukosa) dan diambil sampel darah Anda satu jam kemudian.

 

Jika bacaan glukosa darah Anda tinggi, Anda mungkin diminta menjalani pemeriksaan lanjutan yang disebut tes toleransi glukosa (glucose tolerance test) pada hari lain untuk mengkonfirmasi diagnosis. Dalam tes ini, Anda akan diminta mengkonsumsi minimal 150 mg karbohidrat selama tiga hari dan kemudian berpuasa selama 14 jam. Sampel darah Anda lalu akan diambil untuk mengukur kadar diabetes gestasional glukosa darah puasa. Selanjutnya, Anda akan diminta meminum cairan manis dengan volume lebih besar atau konsentrasi lebih pekat dari yang Anda minum dalam tes skrining. Sampel darah Anda kemudian akan diambil dan dites setiap jam selama tiga jam berikutnya. Hasil kedua tes itu akan memastikan apakah Anda terkena diabetes kehamilan.

 diabetes gestasional

Pengelolaan

Diabetes kehamilan adalah jenis diabetes temporer yang menghilang sendiri setelah bayi lahir. Selama kehamilan, diabetes dapat dikelola melalui diet dan olahraga, di antaranya:

 

Meningkatkan jumlah latihan rendah impak yang aman seperti berenang, berjalan atau senam kehamilan

Menjaga jumlah lemak yang Anda makan

Mengurangi asupan garam

Menambah porsi buah dan sayuran dalam makan sehari-hari.

Bagaimana cara diet turun 1 kg perhari?

memperkenalkan produk diet terbaru dengan metode detox berat badan zmooth   GARANSI TURUN BERAT BADAN 1 KG PERHARI Dengan formula nutrisi penurun berat badan dan khusus pembakaran lemak, produk zmooth ini dapat menurunkan berat badan dengan efektif 1 kg perhari untuk informasi lebih lanjut mengenai produk zmooth ini segera hubungi
  • No telepon/ whatsapp : 087886688197

  • Pin BBM : 2BBF4781

Dengan promo potongan diskon 50% dan gratis konsultasi

diabetes gestasional Pengukuran gula darah teratur juga diperlukan untuk memastikan kadarnya tidak melonjak terlalu tinggi, terutama setelah makan. Jika kadar gula darah tetap tinggi, Anda mungkin perlu mendapatkan suntikan insulin.

 

Pencegahan

Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko utama diabetes kehamilan. Anda yang berberat diabetes gestasional badan di atas normal dianjurkan untuk menurunkan berat badan sebelum kehamilan. Faktor risiko lain seperti keturunan, usia dan riwayat penyakit adalah hal yang di luar kontrol Anda.

 

Risiko diabetes pada ibuhamil memang cukup tinggi. Kenali gejalanya sedini mungkin agar dapat diatasi dengan tepat dan tidak meninggalkan risiko pada janin Anda.

 

Diabetes dapat didiagnosis dengan 2 pemeriksaan, yaitu gula darah puasa dan gula darah sewaktu (2 jam setelah makan).  Batasan gula darah puasa 100 mg/dl, dan batasan gula darah sewaktu 140 mg/dl. Lebih dari itu digolongkan diabetes.

 

diabetes gestasional Kenali Gejalanya. Kenali gejalanya sedini mungkin, Bunda. Sehingga penanganan yang tepat bisa segera diberikan. Karena diabetes bisa berpengaruh terhadap janin. Waspadai jika Anda mengalami beberapa gejala di bawah ini:

Banyak kencing (poliuria).

Banyak minum (polidipsia).

Banyak makan (polifagia).

Berat badan turun drastis.

Keluhan yang sering dihubungkan dengan  diabetes: sering bisulan, gatal-gatal di kulit dan kemaluan, keputihan, cepat lelah, sering mengantuk,  kesemutan.

Jika gejala-gejala tersebut ternyata memang Anda rasakan saat hamil, segera periksakan ke dokter.

 diabetes gestasional

Mengobatinya. Untuk mengobati diabetes pada ibu hamil, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Diet. Kurangi konsumsi gula sederhana -biasanya terdapat pada minuman dan camilan manis– dan atur pola makan sesuai kebutuhan kalori ibu hamil. Sebaiknya konsultasi dengan ahli gizi, karena jika kalori kurang, berisiko terjadi hipoglikemia (kadar gula darah turun drastis ditandai lemas, keringat dingin dan pingsan). Dokter akan terus memantau kadar gula darah. Kalau turun, lanjutkan diet. Jika tidak turun atau malah naik, diet disertai langkah berikutnya.

Kontrol darah berkala, baik saat kontrol rutin maupun periksa sendiri. Beli alat pengukur kadar gula darah yang praktis.

Suntik insulin. Karena selama hamil tidak boleh makan obat-obatan penekan gula darah yang merangsang produksi insulin, maka digunakan suntikan insulin. Dosis sesuai kebutuhan, ada yang disuntikkan sekali sebelum sarapan, ada yang setiap waktu makan. Anda bisa belajar menyuntik diabetes gestasional sendiri. Pahami prinsip sterilitas, ragam insulin, dosis dan penyediaan insulin yang tepat. Pemberian insulin tidak berakibat buruk bagi janin, justru memastikan janin tumbuh baik, dan meminimalkan risiko komplikasi lainnya.

Pantau hipoglikemi, jangan sampai gula darah drop. Ngemil teratur tapi bukan camilan manis.

diabetes gestasional Olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang, dan merapikan rumah yang tak terlalu berat bagi ibu hamil, akan menurunkan kadar gula darah.

untuk pengobatan diabetes dibutuhkan produk khusus diabetes,disarankan untuk menggunakan

NUTRITIONAL SHAKE MIX (F1)

6.shake
dengan bulir biru,disetiap kalengnya terdapat jutaan sel anti diabetes dan sel anti kanker untuk menurunkan gula darah di tubuh ,sekali pemakaian 2 minggu hasil langsung terlihat , diabetes sembuh

  • barang 100% terkirim
  • original
  • layanan COD
  • diskon 50% off tanpa syarat harga termurah kualitas terbaik

untuk harga dan pemesanan hubungi admin di:

  • no hp: 087878714626

  • pin BBM: 2B9E0CEE

layanan konsultasi gratis dan bebas bertanya,fast respon,pelayanan toko online terbaik

Bagaimana cara diet turun 1 kg perhari?

memperkenalkan produk diet terbaru dengan metode detox berat badan zmooth   GARANSI TURUN BERAT BADAN 1 KG PERHARI Dengan formula nutrisi penurun berat badan dan khusus pembakaran lemak, produk zmooth ini dapat menurunkan berat badan dengan efektif 1 kg perhari untuk informasi lebih lanjut mengenai produk zmooth ini segera hubungi
  • No telepon/ whatsapp : 087886688197

  • Pin BBM : 2BBF4781

Dengan promo potongan diskon 50% dan gratis konsultasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cek resi pengiriman anda disini
Cek :
Promo bulan ini
promo bulan ini (widget)
Pengiriman melalui
pengiriman widget
Kenyamanan belanja disini
garansi (widget)
Pembayaran
pembayaran (widget)
Layanan COD
layanan cod (widget)
Artikel kesehatan
Recent Search Terms
Artikel terpopuler